the hardest part..

semua orang punya masa lalu. sesudah kamu. sebelum kamu. atau dengan kamu.. bersama kamu. gue? tentu saja punya. masa lalu selalu jadi bagian hidup setiap orang yang nggak akan pernah bisa hilang. seberapa lamapun itu berlalu, seberapa banyakpun kenangan yang baru. banyak orang bilang, hal yang paling susah adalah untuk melupakan masa lalu. ibaratnya bahasa anak sekarang itu move on. terutama ketika itu hubungannya dengan mantan kita, atau pacar kita.

buat gue, ngelupain masa lalu itu gampang. semudah lo membalikkan telapak tangan.

buat gue yang susah itu..

menerima masa lalu..

dan

memaafkan masa lalu.

mungkin gue sudah sampai pada tahap kesadaran bahwa segimanapun lo berusaha, masa lalu lo akan terus mengikuti lo. kemanapun, kapanpun, dengan siapapun. jadi gue udah nggak pusing lagi dengan perkara gue harus ngelupain masa lalu. perkara kebiasaan aja sih menurut gue itu pikiran terus nempel dan muter di kepala lo. waktu akan membuat semua itu menjadi biasa.

perkara beda itu, ketika lo harus menerima kenyataan bahwa lo pernah punya masa lalu (yang seperti entah apapun itu). kemudian, memaafkan diri lo di masa lalu yang telah melakukan (kebodohan apapun itu).

Gak gampang. sama sekali nggak gampang. sampe detik ini gue nulis ini post, gue masih berusaha buat ngelakuin itu. meskipun nanti akan ada saat dimana gue merutuk-rutuk sendiri, atas kesalahan dan kebodohan gue sendiri. nangis sendiri. ngeratap sendiri. dan nyesel sendiri.

yes. semua cuma bisa dilakuin sendiri. apapun yang orang lain bilang, nggak akan ngefek. rasa bersalah gue sama diri sendiri dan orang lain (yang dengan sadar atau tidak) sudah gue rugikan itu gak bisa diilangin cuma dengan sekedar kata-kata, nasehat, wise words, quotes, etc. it doesn’t work that way.

lagi-lagi waktu.

yang kali ini digabung dengan isi kepala yang lebih kaya.

dengan perasaan yang sudah lebih dewasa.

yang akan membantu gue pada akhirnya untuk ikhlas menerima dan memaafkan masa lalu.

dan semoga itu segera.

Leave a Reply

